Vrydag 12 April 2013

Cara Mengembangkan Potensi Diri

Cara Mengembangkan Potensi Diri - Setiap orang tentu memiliki potensi dirinya masing-masing, tetapi kebanyakan diantaranya sangat sulit menentukan apa sebenarnya potensi diri yang mereka miliki. Ketidaktahuan akan potensi diri yang dimiliki, akan menjadi salah satu penghalang untuk mengembangkan potensi diri itu sendiri.

Maka dengan demikian bisa dipetik sebuah kesimpulan awal bahwasannya cara mengembangkan potensi diri sendiri harus dilakukan dengan mengetahui potensi diri yang dimiliki terlebih dahulu. Dalam hal ini perlu berbagai metode yang dilakukan agar potensi diri yang dimiliki tersebut dapat dikembangkan dan kemudian akan berdampak positif bagi kemajuan diri dan juga kepada orang lain.

Adapun metode-metode yang bisa dilakukan untuk mengetahui potensi diri sendiri diantaranya adalah mengetahui bidang apa saja yang disenangi, bertanya kepada orang lain, khususnya teman dekat, mencoba berbagai hal baru, dan juga mencoba untuk banyak membaca, melihat dan merasakan.

Cara Mengetahui Potensi Diri

Untuk memahami secara jelas tentang beberapa metode  untuk mengetahui potensi diri yang sudah dipaparkan diatas, maka berikut penjelasannya yang akan diuraikan satu persatu:

1. Bidang apa saja yang kita senangi

Hal yang kita senangi tentu akan dilakukan secara suka rela tanpa harus disuruh oleh orang lain. Pekerjaan yang disenangi ini juga cenderung dilakukan tanpa mengarapkan mendapatkan imbalan atau bayaran, bahkan seseorang yang memiliki hobi akan segan untuk mengeluarkan biaya besar untuk mewujudkan hobinya tersebut. Umumnya hobi yang dikerjakan tersebut juga akan membawa kebahagiaan bagi orang yang tengah mengerjakannya.

2. Bertanya pendapat teman dekat

Orang yang paling tahu diri Anda adalah orang terdekat. Bisa orang tua, kakak-adik, saudara, keluarga, atau teman. Merekalah yang tahu tentang diri anda dari kecil sampai dewasa. Jadi mereka tahu apa potensi diri anda. Terkadang kita tidak menyadari potensi yang kita miliki, perlu orang lain untuk membantu menyadarkan.


3. Mencoba hal-hal baru.

Begitu banyak yang bisa kita lakukan di dunia ini. Wawasan, pergaulan dan keberanian yang terbataslah yang menghambat kita untuk melakukannya. Kita bisa mencoba hal-hal baru yang belum pernah kita lakukan. Tentu saja yang kita lakukan tidak boleh melanggar hukum yah. Dengan mencoba banyak hal, mungkin kita akan menemukan potensi diri yang selama ini tersembunyi.

4. Banyak membaca, melihat dan merasakan.

Dengan begitu akan banyak informasi dan pengetahuan yang bertambah. Bacaan dan tontonan yang kita sukai itu bisa jadi adalah sebuah potensi. Jika anda suka membaca perkembangan dunia komputer, internet dan semacamnya. Anda bisa menjadi ahlinya, asalkan terus konsisten untuk menambah pengetahuan.

Cara Mengembangkan Potensi Diri

Setelah Anda benar-benar memahami apa sebenarnya potensi diri yang Anda miliki, maka langkah selanjutnya yang harus diketahui adalah bagaimana cara mengembangkan potensi diri Anda itu sendiri.

Dalam hal caramengembangkan potensi diri disini yang perlu ditekankan terdiri dari beberapa langkah penting, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Harus diawali dengan niat
2. Harus berfikir positif dalam setiap hal
3. Harus memiliki komintmen
4. Jangan mengganggap remeh orang lain
5. Menerima saran, kritik dan masukan yang bersifat membangun dari orang lain
6. Konsisten terhadap apa yang kita lakukan
7. Yakinlah bahwa kita pasti bisa

Dari beberapa poin cara mengembangkan diri diatas yang paling utama sekali harus dilakukan adalah pada poin pertama, yaitu mengawali pengembangan potensi diri tersebut dengan niat yang tulus. Dengan adanya niat tulus, maka akan tercipta pikiran positif yang akan membuat Anda akan memiliki komitmen yang kuat untuk mencapai tujuan dari potensi Anda.

Sesuatu hal yang dilakukan tentu tidak akan berbuah hasil manis jika dilakukan tanpa adanya kosistensi, maka dalam hal ini hal paling utama yang harus Anda ingat adalah konsisten. Bila Anda mengerjakan sesuatu hanya dalam beberapa hari atau bulan saja, maka tentu hasil dari potensi diri yang Anda kerjakan belum terlihat, maka cobalah untuk tetap konsisten, dan yakin dan percayalah bahwa apa yang Anda cita-citakan akan segera akan terwujud.

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking